Belajar menjahit tidak sesulit yang banyak orang bayangkan. Selama ada niat dan keinginan yang kuat, memiliki keterampilan menjahit bukan hanya angan-angan saja. Pemilihan alat & perlengkapan penunjang kegiatan ini pun menjahit salah satu aspek penting berhasil atau tidaknya project yang Anda buat. Namun, penjahit pemula biasanya melakukan kesalahan-kesalahan sederhana yang bisa berdampak kepada pelanggan. Kali ini Jahitin academy akan membahas mengenai kesalahan-keshalan yang dilakukan oleh penjahit pemula.


1.  Kesalahan dalam  Pemilihan perlengkapan
Investasikanlah uang Anda pada alat-alat yang berkualitas, termasuk pada mesin jahit. Berkualitas tidak selalu harus mahal, yang penting mesin jahit tersebut memiliki feature yang Anda butuhkan dan dapat bertahan lama. Saya tidak menyarankan Anda langsung membeli mesin jahit mahal saat Anda baru saja memulai, karena bisa saja Anda kehilanagn semangat dan minta menjahit di tengah jalan dan akhirnya mesin jahit mahal Anda pun malah dimuseumkan. Mulailah dengan mesin jahit yang tidak terlalu mahal, karena Anda bisa meng-up gradenya kapanpun.


2.    Jangan Asal Terima Jahitan
Membuat sesuatu yang bagus, terlihat rumit dan dapat mengesankan orang lain. Memang tidak ada salahnya membuat project seperti yang ada di pikiran Anda. Namun alangkah lebih baiknya kalau Anda memulai dengan suatu hal yang kecil. Cobalah untuk membuat sarung bantal, tote bag, pembatas buku, atau project-project lain yang hanya membutuhkan keterampilan menjahit dasar. Dengan memulai dengan project yang sederhana membuat Anda lebih have fun saat menjahit dan Anda pun dapat sejauh mana skill menjahit Anda berkembang. Saat Anda merasa sudah lancar mengerjakan project-project sederhana tersebut, barulah bersiap untuk maju ke tahap selanjutnya.

 

3. Jangan Terburu-buru
Berhentilah saat Anda merasa kegiatan ini tidak menyenangkan lagi. Jangan memaksakan diri Anda dengan terus menerus melakukannya padahal Anda sudah tidak menikmatinya. Anda dapat memulai kapan saja, dan berhenti kapan saja. Panduan yang menatakan Anda dapat meyelesaikan selama 2 jam, bukan berarti Anda benar-benar harus menyelesaikannya dalam waktu 2 jam. Jadikan jahit-menjahit menjadi kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan, bukan kegiatan yang membuat stress dan membuat Anda merasa seperti di ajang balapan.
Hal itu merupakan kesalahan-kesalahan yang biasa dilakukan oleh penjahit pemula. Oleh karena itu jika anda ingin menjadi penjahit professional maka hindari hal-hal tersebut. Jika kamu ingin mengetahui tips & trick menjadi penjahit professional kamu bisa bergabung di Jahitin Academy.