Penjahit dengan pola itu seperti lem dan perangko, ya sangat dekat. Seperti yang kita tahu bahwa pola ada berbagai macam. Pola pakaian ada yang berbentuk pola dasar dan ada juga yang dalam bentuk pola pakaian yaitu pola yang sudah dibuat atau dirubah sesuai desain. Kali ini Jahitin Academy akan berbagi bagaimana menyimpan pola dengan baik dan benar. Penyimpanan dapat dilakukan dengan beberapa cara yaitu:

1. Digulung pada tempat yang bersih dan aman

Pola yang telah kamu buat dapat disimpan dengan cara digulung pada tempat yang bersih dan aman seperti dalam lemari khusus atau pada tempat khusus yang terletak di ruangan potong disediakan box tempat penggantungan pola.


2. Di dalam kantong plastik atau amplop

Selain digulung cara lain yaitu dapat disimpan dalam kantong plastik atau amplop yaitu dengan menyusun secara rapi dan pada amplop diberi keterangan desain, nama pemilik atau diberi ukuran pola itu sendiri kemudian disusun pada lemari atau rak atau box. Jadi ketika kamu akan menggunakan kamu gampang mencarinya


3. Digulung dan dibungkus atau diikat dengan perca

Cara lain lagi yaitu dengan digulung dan dibungkus dengan plastik atau diikat dengan perca dari bahan yang terakhir digunting dan kemudian disimpan pada keranjang atau dus khusus yang dipakai untuk penyimpanan pola, tali pengikat pola juga berfungsi untuk tanda pemilik dari pola.


4. Disimpan pada CD, Flashdisk, atau computer

Seiring dengan kemajuan teknologi sekarang ini pola juga dapat disimpan pada komputer, flashdisk, atau CD. Disimpan dalam perangkat tersebut lebih praktis dan cenderung lebih aman. Namun, kamu perlu melakukan back up terhadap penyimpanan tersebut jika sewaktu-waktu perangkat tersebut bermasalah kamu masih ada file cadangan.
 

Nah, sebenarya apasih tujuan untuk menyimpan pola dengan rapi, tujuannya yaitu:

1. Supaya pola dapat dipakai lebih dari satu kali (berulang kali).

2. Kalau akan mengulangi pemakaian pola dapat dengan mudah mencarinya dan selalu dalam keadaan baik (layak pakai).

3. Bila ada permintaan pakaian dengan desain yang sama untuk selanjutnya dapat diproduksi persis seperti desain sebelumnya.

4. Dari semua tujuan penyimpanan pola dengan baik ini akan dapat menghemat waktu, tenaga ataupun keuangan.